Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara Anak Belajar Berjalan



Cara Anak Belajar Berjalan

Setiap orang tua akan senang untuk menceritakan proses awal anak-anaknya bisa berjalan.
Terkadang, orang tua bangga ketika anaknya mampu berjalan lebih cepat dari teman sebayanya, atau sebaliknya merasa khawatir ketika anak belum berjalan padahal teman sebayanya sudah bisa. Orang tua tidak seharusnya membandingkan bayi kita dengan bayi yang karena kemampuan tiap bayi akan berbeda-beda.
Orang tua dapat melihat anak mencoba berjalan pada ulang tahun pertamanya. Beberapa anak membutuhkan waktu selama delapan belas bulan dan mereka masih berusaha untuk belajar tetap tegak pada saat berjalan, tetapi perkembangan lainnya masih normal maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika orang tua khawatir tentang perkembangannya maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
Berjalan adalah aktifitas yang berkaitan dengan keseimbangan, perkembangan motorik dan jangan terburu-buru! Untuk beberapa anak, berdiri di atas kaki-kakinya merupakan prestasi cukup membanggakan, bagi anak yang lain, menempatkan satu kaki di depan kaki yang lain menjadi tujuan utamanya dan mereka tidak akan beristirahat sebelum dapat mencapai.
Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu anak kita belajar berjalan. Bantulah dia untuk berdiri dan berpegang pada furnitur untuk meningkatkan stabilitas badannya serta bantu dia untuk belajar untuk menyeimbangkan badannya dengan benar. Pada saat ia menjadi lebih percaya diri, dia lebih akan bergerak di sekitar furniture untuk meraih mainan favoritnya.
Baby walkers
Alat ini bentuknya seperti kursi dengan roda dan frame. Alat ini bukan merupakan alat terbaik untuk membantu anak belajar berjalan. Alat ini sebenarnya dapat menghambat perkembangan proses belajar jalan anak secara alami.
Anak yang belajar jalan menggunakan walker akan cenderung bergantung pada alat ini untuk keseimbangan dan gerakan anak. Hal ini membuat perkembangan otot-otot yang dibutuhkan tidak berlangsung dengan baik. Gunakanlah alat ini dengan sangat hati-hati, karena setiap tahun banyak kecelakaan yang disebabkan oleh alat ini.
Barefoot/Bertelanjang kaki
Alam memberi kita lapisan empuk yang berada di atas kaki kita dan jari-jari kaki untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh kita. Biarkan anak terbiasa berjalan dengan permukaan yang berbeda seperti rumput, karpet, kayu dan pasir. Ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menarik.
Pegangan tangan
Inilah cara terbaik untuk membantu anak kita belajar berjalan. Tetapi memegang tangan anak akan menghilangkan cara dia untuk belajar keseimbangan tubuhnya. Cobalah memegang anak pada bagian badannya untuk membuat tubuh anak tetap tegak.
Interaksi
Sebuah dunia baru akan dilihat anak jika ia dapat berdiri tegak dan melihat lingkungan sekitarnya dengan pandangan yang baru. Anak akan menikmati kegembiraan yang dirasakannya.
Berikanlah banyak waktu untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dan dapat membuat gerakan-gerakan kaki pada saat ia terjatuh, buatlah ia tertawa dan doronglah untuk terus mencobanya lagi.
Anak-anak akan terus mencoba semua cara supaya ia mampu berjalan dengan baik dan kita akan kehilangan hari-hari pada saat ia hanya bisa berbaring di tempat tidur.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar